CONTOH
RESENSI BUKU #1
IDENTITAS
BUKU
Judul
Buku : Tip & Trik Jago Main Rubik
Penulis
: Wicaksono Adi
Penerbit
: Gradien Mediatama
Cetakan
: 1, 2009
Tebal
: 184 halaman
PENULIS
Wicaksono
Adi, lahir di Semarang pada 6 Oktober 1986. Di komunitas rubik Indonesia dan
internasional, ia dikenal dengan nama panggilan Chuck. Mulai mengenal rubik
pada Maret 2009, dengan segera ia jatuh cinta dengan permainan ini serta
komunitasnya.
PENDAHULUAN
Buku
"Tip & Trik Jago Main Rubik" ini hadir sebagai solusi jitu dan
komplit. Buku ini akan menjadi teman akrab Anda dalam menyelami permainan
rubik, mulai dari nol hingga mahir. Dari berjam-jan hingga mampu
menyelesaikannya dibawah 20 detik, bahkan dengan mata tertutup.
SINOPSIS
Rubik
adalah permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang memiliki enam warna pada
setiap sisinya. Ditemukan pada tahun 1974 oleh Profesor Ernö Rubik, seorang
arsitek dan pemahat asal Hungaria. Dengan segera, rubik menciptakan sensasi
internasional. Setiap orang ingin memilikinya. Demam ini menjalar baik pada
anak-anak maupun dewasa. Ada sesuatu yang memikat pada kubus kecil ini. Ia
memiliki konsep yang sederhana, elegan, namun secara mengejutkan sulit untuk
diselesaikan.
Satu
demi satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik, di
antaranya American Rubik's Cube Championship (November 1981), United Kingdom
Rubik's Cube Championship (Desember 1981), Canadian Rubik's Cube Championship
(Maret 1982). Puncaknya, pada bulan Juni 1982 untuk pertama kalinya
diselenggarakan Rubik's Cube World Championship di Budapest, di mana
orang-orang dari berbagai negara dipertemukan oleh rubik. Kejuaraan ini
dimenangkan oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16 tahun, Minh Thai, dengan
catatan waktu 22,95 detik. Ketertarikan publik pada rubik mulai memudar
menjelang tahun 1990. Orang-orang sudah terlalu kesal saat mencoba
menyelesaikannya, mengingat keterbatasan informasi saat itu. Sebagian lebih
tertarik dengan kehadiran video game elektronik yang lebih modern. Namun hingga
hari ini, lebih dari 30 juta rubik telah terjual (belum termasuk merk-merk
tiruannya!), menjadikannya diakui sebagai permainan puzzle terlaris di dunia.
Bahkan rubik juga disebut-sebut sebagai mainan terlaris sepanjang masa, berdampingan
dengan boneka Barbie.
Dengan
kemuncurjan internet, rubik akhirnya bangkit dari tidur panjangnya. Pada tahun
2000, petunjuk untuk menyelesaikan rubik telah banyak ditemukan di internet.
Demam rubik pun melanda untuk kedua kalinya. Puncaknya terjadi pada tahun 2003,
ketika World Championship kedua diadakan di Canada. Rubik dipandang sebagai
permainan yang positif, terjangkau, melatih motorik, daya ingat, serta mampu
mendorong peminatnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat.
IKHTISAR
Speedsolving
adalah seni menyelesaikan rubik dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Para
pelakunya biasa disebut speedcuber. Bagi mereka, menyelesaikan rubik adalah
sebuah olahraga ketangkasan. Mereka tidak hanya mengejar kesenangan, melainkan
juga membuktikan diri dan meraih prestasi.
KELEBIHAN
1.
Banyak terdapat gambar yang menarik.
2.
Penjelasannya sangat rinci.
3.
Terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.
KEKURANGAN
1.
Beberapa kata yang sulit dimengerti tidak terdapat pada bagian indeks.
CONTOH
RESENSI BUKU #2
IDENTITAS
BUKU
Judul
Buku : Dahsyatnya Hypnoparenting
Editor
: Yoan Destarina
Penerbit
: Penebar Plus+
Cetakan
: I. Jakarta 2010, II. Jakarta 2010
Tebal
: iv + 116 Halaman
ISBN
: 978-602-8661-23-2
ULASAN
BUKU
Kesuksesan
berangkat dari keluarga. Dari keluargalah seseorang dibentuk karakternya. Namun
dalam perjalanannya, banyak orang tua yang menemui berbagai kesulitan dalam
mendidik anak. Anak malas belajar, tidak suka makan, kurang percaya diri, anak
yang nakal, dan masih banyak lagi. Hypnoparenting adalah salah satu solusi bagi
para orang tua yang menemui kesulitan tersebut. Hypnoparenting berasal dari
hipnosis dan parenting. Hipnosis bukan sihir, hipnosis adalah pengetahuan dan
teknik berkomunikasi dengan sistem kerja otak. Sedangkan parenting adalah
segala sesuatu yang berurusan dengan tugas-tugas orang tua dalam mendidik anak.
Hypnoparenting menggunakan prinsip kerja hypnosis (komunikasi dengan otak)
dengan pengetahuan tentang bagaimana mendidik anak dan menjadi orang tua yang
mampu memahami perkembangan anak untuk menuju kehidupan yang baik, sukses dan
bahagia.
Orang
tua menjadi pelaku penting dalam hypnoparenting ini. Dalam prakteknya,
hypnoparenting adalah proses sugestif dengan menanamkan kalimat-kalimat yang
bersifat positif, contohnya, “kamu pintar dan rajin. Kamu senang belajar dan
selalu mengerjakan tugas dengan baik.” Waktu paling efektif untuk memasukkan
sugesti adalah menjelang tidur, saat bangun tidur, pada waktu emosi anak
meningkat, dan ketika anak dalam keadaan terkejut. Agus Sutiyono selaku penulis
sudah mulai membisikkan kalimat sugestif terhadap anaknya, Citra Amalia Putri
Sutiyono. Kalimat yang selalu ia bisikkan setiap bangun tidur sejak Citra
berusia 6 bulan tersebut yaitu, “Terima kasih, ya Allah, aku sehat, aku
bahagia, aku pintar, dan baik hati.” Sugesti yang diberikan pada saat yang
tepat ini ternyata membentuk betul perilakunya. Citra tumbuh dengan emosi yang
seimbang dan disenangi teman-teman.
Dalam
hypnoparenting, orang tua harus memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan
spiritual yang tinggi untuk membantu anak-anak mengoptimalkan kemampuan. Anak
sebaiknya tidak dididik agar cerdas tapi juga mampu berfikir kreatif,
imajinatif, dan mempunyai emosi yang stabil. Kreativitas orang tua dibutuhkan
dalam menggunakan kalimat sugesti yang tepat untuk anak.
Buku
ini merupakan hasil belajar sang penulis di fakultas Magister Manajemen IPMI
Jakarta dengan spealisasi program Manajemen Sumber Daya Manusia Pada tahun
1996. Selain itu, penulis juga mengikuti Indonesia-Australia Specialist Project
II, Human Rights Program-University Of Sidney (UTS), Australia pada tahun 2003.
Ditulis dengan bahasa yang lugas nan santai dan berorientasi ke dalam keluarga,
buku ini sangat cocok dibaca oleh para orang tua. Kalimat-kalimat sugestif
dalam buku ini sangat beragam dan telah diterapkan oleh penulisnya sendiri yang
memang berhasil membentuk perilaku anaknya. Selain mendapat ilmu tentang cara
mendidik, mengubah atau membentuk perilaku anak, orang tua juga bisa mendapat
berbagai ilmu pengetahuan yang bisa mereka ajarkan kepada anak-anak mereka,
seperti pengertian hipnotis, mekanisme kerja otak dan lain sebagainya. Buku ini
juga cocok dibaca oleh kalangan remaja. Kalimat-kalimat sugestif yang ada pada
buku ini sangat bermanfaat dan dapat mereka terapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
Desain
gambar animasi yang banyak terdapat dalam buku ini justru menjadi kekurangan
karena buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga yang ditujukan untuk
dibaca orang tua. Selain itu, ada banyak istilah-istilah dalam bahasa asing
yang umumnya sukar dipahami oleh para orang tua. Namun, terlepas dari
kekurangan yang ada, buku ini layak dimiliki oleh semua kalangan khususnya
orang tua yang menginginkan anaknya menjadi pribadi yang baik. Mendidik anak
layaknya menanam pohon, jika kita benar secara perlakuannya, maka kita juga
yang akan memetik dan menikmati hasilnya. Sungguh Dahsyatnya Hypnoparenting.
CONTOH
RESENSI BUKU #3
IDENTITAS
BUKU
Judul
Buku : Matematika aplikasi : untuk SMA dsn MA kelas XII program studi ilmu alam
Penulis
: Pesta E. S. & Cecep Anwar
H. F. S.
Penerbit
: Departemen Pendidikan Nasional
Cetakan
: X ( kesepuluh ), 2008
Jumlah
hlm : 194 hlm.
Jumlah
bab : 7 bab
Ukuran
buku : 20,5 × 28 cm
Harga
buku : Rp. 11.756
ULASAN
BUKU
Buku
ini berjudul Matematika aplikasi yang diperuntukkan untuk SMA dan MA
kelas XII program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber pengetahuan
dan siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini ditulis
oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H. F. S, dimana dalam buku ini, siswa dapat
belajar aktif melalui aktifitas di kelas, gamemath dan siapa berani. Buku ini
tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan
ilustrasi yang menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang
komunikatif sehingga mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, buku ini juga
didukung dengan tampilan tata letak yang baik, disain dan ilustrasi yang
menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.
Buku
ini memiliki banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain
yakni, memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi
beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki
Info Math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga
tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki
Sahabat kita yang merupakan informasi latar belakang matematikawan yang telah
berjasa dengan menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan
dirasakan manfaatnya. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami
istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki
indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor
halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.
Pada
buku ini, disamping memiliki keunggulan, namun juga terdapat kekurangan
didalamnya yakni, gambar yang disajikan pada buku ini tidak berwarna sehingga
bisa saja dapat menimbulkan kurangnya minat para siswa dalam mengkaji buku
tersebut. Selain itu, kualitas kertas buku yang digunakan juga kurang bagus
sehingga mudah cacat atau robek. Buku ini disajikan hanya untuk pelajar SMA
kelas XII program ilmu alam, untuk dipelajari sehingga dapat meningkatkan mutu
pendidikan yang meliputi aspek-aspek pengetahuan, keterampilan, sikap, dan
nilai-nilai. Pengembangan aspek-aspek tersebut untuk meningkatkan dan
mengembangkan kecakapan hidup (life-skills) melalui seperangkat kompetensi agar
siswa dapat bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang.
CONTOH
RESENSI BUKU #4
IDENTITAS
BUKU
Judul
Buku : Menuju Masyarakat belajar
Penulis : Indra Djati Sidi, Ph.D
Penerbit
: PARAMADINA
Tahun
Penerbit : 2001
Tebal
Buku : xxiii + 116 Halaman
ISI
BUKU
Membicarakan
pendidikan melibatkan banyak hal yang harus direnungkan, sebab meliputi
keseluruhan tingkah laku manusia yang dilakukan demi memperoleh kesinambungan,
pertahanan dan peningkatan hidup. Karena itu renungan tentang apa yang
dimaksudkan dengan pendidikan tidak terbatas hanya kepada pengajaran, tetapi
juga peran mendidik anak melalui kebiasaan kesehariannya. Dewasa ini direktorat
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tengah mengalami masalah yang berkenan
dengan kebijaksanaan tentang pemerataan dan perluasan pendidikan, yaitu belum
tuntasnya wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun.
KELEBIHAN
Buku
tulisan Indra Djati Sidi, Ph.D ini tidak hanya memberikan inspirasi konsep dan
pelaksanaan pendidikan di sekolah-sekolah dasar dan luar sekolah, melainkan
juga menjadi satu kritik bagi landasan pelaksanaan pendidikan di negeri ini.
Karena itu, perlu disahuti keberanian dan kreativitasnya, karena tulisannya
sungguh luar biasa, banyak ilmu yang terkandung didalamnya.
KEKURANGAN
Hamper
keseluruhan buku ini tidak ada kekurangannya, tetapi jika tidak membaca
berulang kali mungkin tidak mengerti, karena didalamnya terdapat bahasa asing
yang sulit dimengerti oleh para pembaca pemula.
KESIMPULAN
Pendidikan
memiliki peran yang sangat strategi dan efektif dalam pembentukan karakter
bangsa. Pembentukan karakter peserta didik harus dilakukan melalui semua mata
pelajaran, bukan semata-mata tanggung jawab pendidikan keimanan dan ketaqwaan
saja. Disamping isi materi pelajaran, cara atau metode pembelajaran sangat
penting untuk membentuk watak dan karakter siswa.
CONTOH
RESENSI BUKU #5
IDENSTITAS
BUKU
Judul
Buku : PENGANTAR Filsafat Pendidikan
Penulis : Drs. Uyoh Sadulloh, M.pd
Penerbit
: ALFABETA, CV
Cetakan : kedua
Jumlah
halaman : 183 halaman
Harga : Rp 50.000.00
Tahun
terbit : September 2004
ISI
YANG PENTING/MENARIK
Pendidikan
merupakan kegiatan yang hanya dilakukan manusia dengan lapangan yang sangat
luas, yang mencakup semua pengalaman serta pemikiran manusia tentang
pendidikan. Pendidikan sebagai suatu praktek dalam kehidupan,seperti halnya
dengan kegiatan-kegiatan lain, seperti kegiatan ekonomi, kegiatan hukum,
kegiatan agama, dan lain-lain. Selain itu, kita dapat juga mempelajari
pendidikan secara akademik, baik secara empirik yang bersumber dari
pengalaman-pengalaman, maupun dengan jalan perenugan-perenungan yang mencoba
melihat makna pendidikan dalam suatu konteks yang lebih luas. Yang pertama,
kita sebut Praktik pendidikan, sedangkan yang kedua disebut teori pendidikan.
BAHASA
PENGARANG
Bahasa
pengarang dalam buku ini menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga
mudah dipahami oleh pembaca atau dengan kata lain pesan yang ingin disampaikan
oleh pengaran dapat dipahami langsung oleh pemmbaca.
KEUNGGULAN
Keuggulan
dari buku ini adalah mampu memberikan informasi tentang nilai, sumber nilai dan
bagaimana manusia dapat memperoleh nilai tersebut karena pendidikan pada
prinsipnya tidak dapat dipisahkan dari nilai.
KELEMAHAN
Kelemahan
dalam buku ini kurangnya memberikan pemahaman bagi pembaca khususnya para
pemula sehingga pesan yang diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan pada
pembaca.
KESIMPULAN
Buku
ini layak di baca karena didalamnya memuat ilmu pendidikan, pendekatan
filosofis dan bukan hanya teori pendidikan yang dibahas tetapi juga
dengan praktik pendidikan sebagai upaya untuk membangun sumber daya manusia dan
memberi wawasan yang sangat luas, karena pendidikan menyangkut seluruh aspek
kehidupan baik pemikiran maupun pengalamannya. Pendidikan membutuhkan
pengkajian filosofis karena kajian semacam ini akan melihat pendidikan dalam
suatu realitas yang komprehensip. Kajian filosofis tentang pendidikan akan
membantu memberikan informasi tentang hakikat manusia, yang secara horisontal
berhubungan dengan sesama manusia dan jagat raya. Kajian filosofis juga
memberikan informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan sumber
pengetahuan karena hal ini sangat membantu dalam menentukan tujuan akhir
pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar